7 Cara Yang Bisa Diterapkan Untuk Mencegah Asam Lambung Naik ke Tenggorokan

dinkesmerangin.org –  Asam lambung naik merupakan salah satu gangguan kesehatan yang banyak dialami orang. Peningkatan asam lambung akan menimbulkan banyak rasa tidak nyaman pada seseorang, terutama saat menjalankan tugas sehari-hari karena rasa terbakar yang ditimbulkannya. Menurut MayoClinic, asam lambung menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux (GERD), yang dapat mengiritasi kerongkongan ketika asam lambung naik ke kerongkongan.

Jika kadar asam lambung naik berulang kali dan tidak segera dikendalikan, kondisinya akan semakin parah dan memerlukan rawat inap. Lalu, langkah apa yang bisa dilakukan agar asam lambung tidak naik? Berikut cara yang bisa kemu terapkan untuh mencegah asam lambung naik.

1. Jangan Makan Berlebihan

Makan besar akan membuat perut tegang dan meningkatkan asam lambung. Untuk mencegah terjadinya asam lambung, makanlah dengan sering namun secukupnya.

2. Menurunkan Berat Badan

Makan besar akan membuat perut tegang dan meningkatkan asam lambung. Untuk mencegah terjadinya asam lambung, makanlah dengan sering namun secukupnya.

3. Jangan Berbaring Setelah Makan

Saat seseorang makan lalu berbaring, makanan yang memenuhi lambung akan mendorong asam lambung naik ke kerongkongan karena posisi lambung dan kerongkongan sejajar. Berikan perut Kamu setidaknya tiga jam setelah makan untuk memproses makanan sebelum Kamu berbaring atau tidur.

4. Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung

Karena kandungan dalam beberapa makanan, bisa menyebabkan asam lambung. Makanan tersebut antara lain: Makanan berlemak, Makanan pedas, Makanan asam, Daun mint atau peppermint, Saus tomat, Coklat, Bawang bombay ,Buah jeruk, Kopi atau minuman berkafein, Minuman berkarbonasi, Biji-bijian yang mengandung gluten.

5. Hindari Merokok

Otot kerongkongan bagian bawah yang mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan bisa direlaksasi dengan nikotin. Selain itu, nikotin dapat menghalangi kapasitas air liur untuk mengeluarkan asam dari kerongkongan. Alhasil, berhenti merokok atau menahan diri dapat membantu seseorang terhindar dari asam lambung.

6. Kurangi Alkohol

Alkohol memiliki efek relaksasi yang sama pada otot-otot esofagus bagian bawah seperti halnya merokok. Otot-otot di kerongkongan bisa kejang akibat alkohol.

7. Jangan Berbaring Setelah Makan

Saat seseorang makan lalu berbaring, makanan yang memenuhi lambung akan mendorong asam lambung naik ke kerongkongan karena posisi lambung dan kerongkongan sejajar. Agar perut punya waktu untuk terlebih dahulu mengolah makanan yang masuk, tunggulah setidaknya tiga jam setelah makan sebelum berbaring atau tidur.